RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Aku dan Teman Baru / 3
Muatan Pelajaran : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
- Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman sesuai orangnya dengan tepat.
- Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
- Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.
- Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru memberi salam pembuka.
- Guru lalu bertanya kepada siswa, “Apakah tadi kalian sudah berpamitan kepada orang tua saat hendak ke sekolah?” Guru mengingatkan kembali pentingnya berpamitan dengan orang tua saat hendak ke luar rumah. Misal, saat hendak ke sekolah, bermain, atau yang lainnya
Ayo Bernyanyi
- Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.
- Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas. (Buku Siswa halaman 12)
- Untuk membantu menguatkan siswa tentang konsep huruf, mereka berlatih mengidentifikasi nama tokoh di buku dengan melihat hurufhurufnya.
- Siswa dapat memperhatikan Buku Siswa halaman 13.
- Setelah selesai berlatih, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
- Setiap anggota kelompok bekerja sama untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok tersebut dengan tepat.
- Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan 10.
- Guru minta siswa bersama-sama menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.
- Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di Buku Siswa halaman 16.
- Selesai berlatih, guru mengajak bermain sambil mengenal bilangan. (buku siswa halaman 17)
- Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai kegiatan hari ini. Siswa menceritakan perasaan dan kesulitannya saat bermain kartu huruf dan kelompok banyaknya benda.
- Guru memberi salam penutup. Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
C. PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Manakah nama teman Siti? Pasangkanlah.
Evaluasi
Membilang gambar, lalu menyebut banyaknya
Membilang gambar, lalu menyebut banyaknya
0 komentar:
Posting Komentar