Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Senin, 27 April 2020

TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester    : 1/1
Tema 1    : Diriku
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Aku Istimewa / 3
Muatan Pelajaran    : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu    : 1 Hari



A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan mewawancarai anggota keluarga, siswa dapat menuliskan contoh-contoh kekhasan individu di rumah dengan benar.
  2. Dengan menyimak dan menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampu menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan tepat.
  3. Melalui permainan menyusun kata, siswa mampu menyusun huruf vocal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
  4. Setelah menyusun kata, siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat.
  5. Setelah mengamati cerita yang terdapat pada buku, siswa mampu mengidentifikasi masalah penjumlahan dengan tepat.
  6. Dengan mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar
  • Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
  • Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembalajaran.
Kegiatan Inti
Ayo Berlatih
  • Guru bercerita mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya.
  • Guru meminta siswa untuk mempersiapkan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
Ayo Mencoba
  • Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan secara bergiliran.
Ayo Berlatih
  • Guru menuliskan berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga.
  • Siswa mengamati masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera.
  • Guru menyiapkan kartu huruf dan minta salah satu perwakilan siswa untuk menyusun kata yang ditunjuk oleh guru menggunakan kartu kata.
  • Selanjutnya, lakukan permainan kartu huruf.
Ayo Mengamati
  • Guru meminta kepada siswa mengamati permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan.
  • Guru menjelaskan kepada siswa cara menuliskan penjumlahan bilangan.
Ayo Berlatih
  • Guru meminta siswa mencoba mengerjakan kegiatan penjumlahan.
Kegiatan   Penutup
  • Sebagai akhir dari kegiatan, guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selama satu hari.
  • Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti                 Guru Kelas I



ASNAINI, S.Pd                         FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001                 NIP. 19621231 198609 2 001

Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Susun huruf-huruf berikut menjadi kata yang tepat.

TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 1
 
Evaluasi

Edo juga memiliki pohon buah-buahan.
Mari bantu Edo menghitung buah-buahan.


TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 1



TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 1

TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar