RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Aku Istimewa / 3
Muatan Pelajaran : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan mewawancarai anggota keluarga, siswa dapat menuliskan contoh-contoh kekhasan individu di rumah dengan benar.
- Dengan menyimak dan menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampu menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan tepat.
- Melalui permainan menyusun kata, siswa mampu menyusun huruf vocal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
- Setelah menyusun kata, siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat.
- Setelah mengamati cerita yang terdapat pada buku, siswa mampu mengidentifikasi masalah penjumlahan dengan tepat.
- Dengan mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar
- Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
- Guru menyampaikan tujuan pembalajaran.
Ayo Berlatih
- Guru bercerita mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya.
- Guru meminta siswa untuk mempersiapkan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
- Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan secara bergiliran.
- Guru menuliskan berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga.
- Siswa mengamati masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera.
- Guru menyiapkan kartu huruf dan minta salah satu perwakilan siswa untuk menyusun kata yang ditunjuk oleh guru menggunakan kartu kata.
- Selanjutnya, lakukan permainan kartu huruf.
- Guru meminta kepada siswa mengamati permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan.
- Guru menjelaskan kepada siswa cara menuliskan penjumlahan bilangan.
- Guru meminta siswa mencoba mengerjakan kegiatan penjumlahan.
- Sebagai akhir dari kegiatan, guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selama satu hari.
- Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Susun huruf-huruf berikut menjadi kata yang tepat.
Evaluasi
Edo juga memiliki pohon buah-buahan.
Mari bantu Edo menghitung buah-buahan.
0 komentar:
Posting Komentar