Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Jumat, 01 Mei 2020

TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Hidup Rukun Di Rumah/ 2
Muatan Pelajaran    : PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
  2. Dengan diberikan gambar contoh penerapan sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
  3. Dengan diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
  5. Dengan diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.
  6. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
  7. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbolsimbol pada Pancasila.
Ayo Menulis
  • Siswa bersama-sama membaca teks Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa.
  • Siswa menunjuk gambar simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian menuliskan bunyi sila yang sesuai.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.
  • Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukkan.
Ayo Berdiskusi
  • Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3–4 siswa.
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi di dalam kelompoknya.
Ayo Bermain Peran
  • Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan.
Ayo Berlatih
  • Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan
  • Siswa memperagakan sesuai contoh guru
Ayo Mencoba
  • Pada halaman 19 siswa diajak untuk melakukan permainan menirukan hewan berjalan.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................         Guru Kelas II



...............................................            ...............................................
NIP. .......................................             NIP. .......................................


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
 

Tunjuk simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian tuliskan bunyi sila tersebut!
Pasangkan simbol tersebut dengan bunyi silanya

TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 2


Evaluasi

Diskusikan dengan temanmu mengenai pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Apa arti ungkapan tersebut?
  2. Apakah Udin dan Mutiara saling menyayangi?
  3. Bagian percakapan manakah yang menunjukkan mereka saling menyayangi?
  4. Pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh Udin dan Mutiara?
  5. Apakah kamu menyayangi kakak, adik, saudara, dan orang tua di rumah?
  6. Tuliskan contoh pengalamanmu yang menunjukkan kamu menyayangi kakak, adik, saudara, atau orang tuamu!


Hasil Diskusi



TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 2

2. ___________________________________________

3. ___________________________________________

4. ___________________________________________

5. ___________________________________________

TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar