RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Hidup Rukun Di Rumah/ 2
Muatan Pelajaran : PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar contoh penerapan sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbolsimbol pada Pancasila.
- Siswa bersama-sama membaca teks Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa.
- Siswa menunjuk gambar simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian menuliskan bunyi sila yang sesuai.
- Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.
- Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukkan.
- Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3–4 siswa.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi di dalam kelompoknya.
- Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan.
- Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan
- Siswa memperagakan sesuai contoh guru
- Pada halaman 19 siswa diajak untuk melakukan permainan menirukan hewan berjalan.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Tunjuk simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian tuliskan bunyi sila tersebut!
Pasangkan simbol tersebut dengan bunyi silanya
Evaluasi
Diskusikan dengan temanmu mengenai pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Apa arti ungkapan tersebut?
- Apakah Udin dan Mutiara saling menyayangi?
- Bagian percakapan manakah yang menunjukkan mereka saling menyayangi?
- Pengamalan sila ke berapakah yang ditunjukkan oleh Udin dan Mutiara?
- Apakah kamu menyayangi kakak, adik, saudara, dan orang tua di rumah?
- Tuliskan contoh pengalamanmu yang menunjukkan kamu menyayangi kakak, adik, saudara, atau orang tuamu!
Hasil Diskusi
2. ___________________________________________
3. ___________________________________________
4. ___________________________________________
5. ___________________________________________
0 komentar:
Posting Komentar