Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Sabtu, 02 Mei 2020

TEMA 1 SUB 1 PB 3 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Hidup Rukun Di Rumah/ 3
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika
Alokasi Waktu    : 1 Hari



A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan tersebut dalam kalimat dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
  7. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
  8. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian mengamati syair lagu tersebut.
  • Siswa mencari kata-kata di dalam syair lagu yang mempunyai arti sama dengan ungkapan yang ditentukan.
Ayo Menulis
  • Siswa menuliskan kalimat yang menggunakan ungkapan yang ditentukan.
Ayo Bernyanyi
  • Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
  • Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi.
Ayo Mengamati
  • Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati bilangan yang terdapat pada gambar nomor peserta lomba Udin. Berdasarkan gambar banyak kubus yang terdapat pada halaman 25, siswa membaca bilangan tersebut.
Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
:
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................      Guru Kelas II



...............................................                 ...............................................
NIP. .......................................                 NIP. .......................................




Evaluasi


Nyanyikan lagu Peramah dan Sopan!
Tandailah bagian yang dinyanyikan pendek dengan
(√)
Tandailah bagian yang dinyanyikan panjang dengan     !

Bu-kan-nya som-bong
…    …    …    …    …
Bu-kan-nya    som-bong
…    …    …    …    …
Yang di-sa-yang-i han-dai dan tau-lan
…    …    …    …    …    …    …    …    …    …
Ha-nya    a-nak    yang tak per-nah bo-hong
…    …    …    …    …    …    …    …    …    …
Ra-jin    be-ker-ja
…    …    …    …    …
Pe-ra-mah    dan    so- pan
…    …    …    …    …
Selain panjang pendek bunyi pada lagu,
ada juga tekanan kuat dan lemah pada  lagu.


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
 
Pasangkan bilangan dengan banyak kubus yang
sesuai!
Gunakan pensil warna untuk memasangkan
gambar dan bilangan.
Kemudian, bacalah bilangan tersebut.


TEMA 1 SUB 1 PB 3 KELAS 2




TEMA 1 SUB 1 PB 3 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar