RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Hidup Rukun Di Rumah/ 4
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menirukan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
- Dengan diberikan nama bilangan tiga angka, siswa dapat menuliskan lambang bilangan tiga angka dengan benar, dan sebaliknya.
- Dengan diberikan teks percakapan yang rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat percakapan yang mengandung lambang bilangan tiga angka.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan benar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati teks percakapan yang mengandung ungkapan yang berkaitan dengan hidup rukun. Teks tersebut akan digunakan untuk mencapai kompetensi dasar muatan Bahasa Indonesia dan Matematika.
- Siswa memperagakan percakapan antara Mutiara dan Udin.
- Siswa mengamati bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa.
- Pada halaman ini siswa diajak untuk mengamati nilai tempat bilangan dua angka, kemudian siswa mengamati nilai tempat bilangan dengan tiga angka.
- Siswa menuliskan lambang bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.
- Siswa bersama dengan teman sebelahnya memperagakan teks percakapan contoh sikap santun yang sudah dibuatnya bersama teman di sebelahnya.
- Siswa menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan secara bergiliran satu persatu atau berpasangan.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Evaluasi
Tulislah lambang bilangannya!
1. Seratus tujuh belas = ....
2. Dua ratus empat puluh enam = ....
3. Tiga ratus sembilan puluh empat = ....
4. Empat ratus empat puluh empat = ....
5. Lima ratus tujuh puluh enam = ....
Tulislah nama bilangan berikut!
1. 632 = ________________________________
2. 784 = ________________________________
3. 835 = ________________________________
4. 915 = ________________________________
5. 967 = ________________________________
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Peragakan percakapan tersebut bersama teman
sebangkumu dengan santun!
0 komentar:
Posting Komentar