Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Minggu, 03 Mei 2020

TEMA 1 SUB 1 PB 5 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Hidup Rukun Di Rumah/ 5
Muatan Pelajaran    : PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan cerita tersebut.
  2. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
  4. Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
  5. Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar lokomotor, siswa dapat menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
  6. Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar lokomotor, siswa dapat memperagakan gerakan tersebut dengan benar.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Berdiskusi
  • Siswa bersama-sama dalam kelompoknya mengamati teks cerita yang terdapat pada halaman 35.
Ayo Mencoba
  • Siswa bercerita di dalam kelompoknya tentang pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah.
Ayo Berlatih
  • Siswa diminta membaca kalimat-kalimat yang berisi ungkapan.
Ayo Mencoba
  • Siswa mengamati gerakan yang diperagakan oleh guru.
  • Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan segala hal yang ingin diketahuinya mengenai gerak dasar berjalan.
  • Siswa mencoba memperagakan gerak dasar berjalan.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................                 Guru Kelas II



...............................................                    ...............................................
NIP. .......................................                 NIP. .......................................


Evaluasi

Bacalah kalimat berikut!
  1. Udin menjadi juara pertama lomba menggambar, tetapi ia tetap rendah hati.
  2. Ayah dan ibu mengasihi buah hatinya.
  3. Udin senang mendapat buah tangan dari ayah.
  4. Udin dijuluki cepat kaki ringan tangan karena selalu mengerjakan tugas dengan baik.
  5. Masalah harus diselesaikan dengan kepala dingin agar tidak terjadi   pertengkaran.

Tulislah arti ungkapan yang terdapat pada kalimat-kalimat di depan!
1. ___________________________________________        

2. ___________________________________________        

3. ___________________________________________        

4. ___________________________________________        

5. ___________________________________________   



Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Mengapa halaman rumah Udin selalu indah dan rapi?
  2. Apa akibatnya bila Udin dan Mutiara tidak bekerja sama?
  3. Apakah sikap Udin dan Mutiara menunjukkan pengamalan sila Pancasila?
  4. Sila ke berapa?
  5. Jelaskan alasannya!
  6. Menurut pendapatmu, apakah Udin dan Mutiara mengamalkan sila ketiga Pancasila? Jelaskan alasannya!
  7. Tuliskan pengalamanmu di rumah dalam menerapkan sila ketiga Pancasila!
  8. Apa makna dari ungkapan cepat kaki ringan tangan?
Hasil Diskusi:
1. ___________________________________________
2. ___________________________________________
3. ___________________________________________
4. ___________________________________________
5. __________________________________________
6. ___________________________________________
7. ___________________________________________
8. ___________________________________________



TEMA 1 SUB 1 PB 5 KELAS 2



TEMA 1 SUB 1 PB 5 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar