RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Hidup Rukun Di Rumah/ 5
Muatan Pelajaran : PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan cerita tersebut.
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
- Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
- Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar lokomotor, siswa dapat menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar lokomotor, siswa dapat memperagakan gerakan tersebut dengan benar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Berdiskusi
- Siswa bersama-sama dalam kelompoknya mengamati teks cerita yang terdapat pada halaman 35.
- Siswa bercerita di dalam kelompoknya tentang pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah.
- Siswa diminta membaca kalimat-kalimat yang berisi ungkapan.
- Siswa mengamati gerakan yang diperagakan oleh guru.
- Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan segala hal yang ingin diketahuinya mengenai gerak dasar berjalan.
- Siswa mencoba memperagakan gerak dasar berjalan.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Evaluasi
Bacalah kalimat berikut!
- Udin menjadi juara pertama lomba menggambar, tetapi ia tetap rendah hati.
- Ayah dan ibu mengasihi buah hatinya.
- Udin senang mendapat buah tangan dari ayah.
- Udin dijuluki cepat kaki ringan tangan karena selalu mengerjakan tugas dengan baik.
- Masalah harus diselesaikan dengan kepala dingin agar tidak terjadi pertengkaran.
Tulislah arti ungkapan yang terdapat pada kalimat-kalimat di depan!
1. ___________________________________________
2. ___________________________________________
3. ___________________________________________
4. ___________________________________________
5. ___________________________________________
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut!
- Mengapa halaman rumah Udin selalu indah dan rapi?
- Apa akibatnya bila Udin dan Mutiara tidak bekerja sama?
- Apakah sikap Udin dan Mutiara menunjukkan pengamalan sila Pancasila?
- Sila ke berapa?
- Jelaskan alasannya!
- Menurut pendapatmu, apakah Udin dan Mutiara mengamalkan sila ketiga Pancasila? Jelaskan alasannya!
- Tuliskan pengalamanmu di rumah dalam menerapkan sila ketiga Pancasila!
- Apa makna dari ungkapan cepat kaki ringan tangan?
1. ___________________________________________
2. ___________________________________________
3. ___________________________________________
4. ___________________________________________
5. __________________________________________
6. ___________________________________________
7. ___________________________________________
8. ___________________________________________
0 komentar:
Posting Komentar