Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Senin, 04 Mei 2020

TEMA 1 SUB 1 PB 6 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Hidup Rukun Di Rumah/ 6
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika
Alokasi Waktu     : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks tentang cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
  3. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
  4. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
  5. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
  6. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
  7. Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan tiga angka dengan teliti.
  8. Dengan diberikan lambang bilangan tiga angka, siswa dapat menuliskan cara membaca bilangan tiga angka dengan teliti.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa.
Ayo Mencoba
  • Siswa menceritakan kembali isi teks yang sudah dibacanya. Siswa membuat cerita dengan dibimbing pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Buku Siswa.
  • Siswa juga diminta menceritakan terjadinya keadilan di rumah sebagai perwujudan sila kelima Pancasila.
Ayo Menulis
  • Siswa menuliskan makna ungkapan dengan bahasa yang santun.
  • Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun dengan kata yang tersedia.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati tiket masuk tempat wisata yang terdapat bilangan tiga angka. Siswa dapat membawanya dari rumah.
Ayo Menulis
  • Siswa mengamati penggambaran bilangan tiga angka sebagai kubus satuan.
  • Siswa menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan pada bilangan tiga angka.
  • Siswa mencoba menuliskan cara membaca bilangan tersebut.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................      Guru Kelas II



...............................................                 ...............................................
NIP. .......................................                 NIP. .......................................


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Hidup rukun di rumah membuat suasana tenang dan damai.
Lengkapilah cerita berikut dengan kata-kata yang tersedia!




TEMA 1 SUB 1 PB 6 KELAS 2

Berwisata ke Kebun Binatang

Tujuan berwisata telah ditentukan dengan cara bermusyawarah.
Setelah terjadi perbedaan, akhirnya keputusan
dapat diambil ________________________
Akhirnya, tiba waktunya untuk berwisata.
Pagi-pagi Udin sudah 
________________________ 
Ibu, kakak, dan Udin sedang mempersiapkan ___________  
Ayah sedang menyiapkan mobil.
Setelah siap mereka berangkat naik mobil.
Jalan tidak  ________________  sehingga mereka cepat sampai.
Ayah memarkir
________________  
Ibu, Udin, dan kakaknya antre membeli _____________  
masuk.



Evaluasi

Ceritakan isi percakapan di atas dengan bahasamu sendiri!
Kalian dapat mempersiapkan cerita dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apa yang sedang dibicarakan dalam percakapan itu?
  2. Kapan rencana wisata dilaksanakan?
  3. Siapa yang mengusulkan tujuan wisata?
  4. Ke mana Udin ingin berwisata?
  5. Ke mana Mutiara ingin berwisata?
  6. Mengapa keputusan tujuan wisata dapat diambil dengan baik?
  7. Menurut pendapatmu, kejadian di dalam keluarga itu menerapkan sila ke berapa Pancasila?
  8. Apakah ayah memberi kesempatan kepada anak-anaknya untuk menentukan tujuan wisatanya secara adil?
  9. Menurut pendapatmu, peristiwa itu merupakan penerapan sila ke berapa Pancasila?
Jawablah pertanyaan-pertanyaan itu dengan kalimat-kalimat yang baik dan benar. Susunlah menjadi sebuah cerita!

TEMA 1 SUB 1 PB 6 KELAS 2
 

TEMA 1 SUB 1 PB 6 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar