RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Tempat Bermain/ 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks percakapan yang berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks percakapan yang berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat memperagakan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan isi cerita sesuai urutan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar. Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan anak, siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan gambar kumpulan benda, siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa diminta mengamati gambar suasana anak-anak yang sedang bermain. Siswa diajak untuk mengetahui pentingnya hidup rukun di tempat bermain.
- Siswa membaca teks percakapan yang mengandung ajakan
- Siswa menyebut dan menuliskan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan.
- Siswa mengamati gambar yang akan disusun menjadi sebuah cerita.
- Siswa menulis cerita berdasarkan urutan gambar yang sudah dikerjakan.
- Siswa mengamati gambar gerakan kepala, tangan, dan kaki seperti yang terdapat pada Buku Siswa.
- Siswa memperagakan gerakan sesuai dengan contoh dari guru dan bersama-sama melakukan gerakan tanpa hitungan dan dengan hitungan.
- Siswa mengamati gambar sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai tempatnya
- Siswa berlatih membandingkan kumpulan kubus melalui soal-soal yang terdapat pada Buku Siswa.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Beri tanda (V) untuk gambar yang menunjukkan sikap rukun!
Sebutkan kalimat ajakan pada percakapan Udin dan Edo tersebut!
Tuliskan kalimat yang kamu gunakan untuk mengajak teman bermain.
Kalimat ajakan:
--------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------
Evaluasi
Berilah tanda (V) untuk kumpulan benda yang lebih banyak!
0 komentar:
Posting Komentar