RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Tempat Bermain / 2
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PJOK, PPKn
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali kalimat ajakan dalam teks yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati gambar percakapan dan menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
- Siswa berlatih membuat pertanyaan tentang bacaan yang telah disimaknya.
- Siswa melakukan pemanasan di bawah bimbingan guru sebelum melakukan kegiatan olahraga.
- Siswa memperagakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh yang diberikan guru.
- Siswa diajak ke lapangan permainan Menjala Ikan.
- Siswa mengamati gambar percakapan yang ada di Buku Siswa, kemudian menuliskan kalimat sesuai gambar
- Siswa diminta mengurutkan gambar tersebut sehingga membentuk cerita.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di Buku Siswa.
- Kegiatan belajar dilanjutkan dengan menuliskan bunyi sila pertama dan sila kedua Pancasila sesuai dengan lambang kedua sila tersebut.
- Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun yang memuat pengamalan sila pada Pancasila dengan teliti.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Tuliskan sikap yang menunjukkan saling membantu dengan teman!
Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memperhatikan cerita gambar di atas!
1. Apakah Edo marah ketika Udin pamit pulang untuk melakukan ibadah? ___________________
2. Gambar manakah yang menunjukkan Edo memberikan kesempatan kepada Udin untuk beribadah? _______
3. Apa yang dikatakan Edo setelah Udin pamit pulang?_________________________________________________
_______________________________________________________
4. Apa kesimpulan cerita bergambar tersebut?
_______________________________________________________
_______________________________________________________
_______________________________________________________
0 komentar:
Posting Komentar