Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Selasa, 05 Mei 2020

TEMA 1 SUB 2 PB 3 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 2/ Pembelajaran    : Hidup Rukun di Tempat Bermain / 3
Muatan Pelajaran    : SBdP,  Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala dengan benar.
  2. Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat membuat teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
  4. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan diberikan alat dan bahan serta langkah membuat kartu bilangan, siswa dapat membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu bilangan.
  6. Dengan diberikan soal latihan, siswa dapat membubuhkan tanda <, =, atau > di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar yang ada di dalam Buku Siswa.
Ayo Bermain Peran
  • Siswa mengerjakan tugas membuat percakapan dengan teman di sebelahnya.
  • Kemudian, teks percakapan tersebut diperankan secara berpasangan.
Ayo Mengamati
  • Guru memberi pengantar cerita mengenai kerukunan untuk mengaitkan muatan matematika yang akan dipelajari.
  • Siswa mengamati cara membandingkan dua bilangan cacah seperti yang tertulis pada Buku Siswa.
Ayo Berkreasi
  • Siswa menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat kartu bilangan.
  • Siswa membuat kartu bilangan di bawah bimbingan guru.
Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Siswa.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                             …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................       Guru Kelas II



...............................................                 ...............................................
NIP. .......................................                 NIP. .......................................


Evaluasi

Bandingkan dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya!

349 = ........ + ...... + ....
394 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... kurang dari .....
Jadi, 349 ..... 394

325 = ........ + ...... + ....
532 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... kurang dari .....
Jadi, 325 ..... 532

668 = ........ + ...... + ....
662 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... lebih dari .....
Jadi, 668 ..... 662

512 = ........ + ...... + ....
521 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... kurang dari .....
Jadi, 512    521


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)


TEMA 1 SUB 2 PB 3 KELAS 2


Lakukanlah gerakan-gerakan tarian tersebut
secara berurutan sesuai hitungan!

 

Lakukan gerakan bersama-sama dengan temanmu.
Gerakan juga dapat dikembangkan sendiri.
Lani memperhatikan Siti berlatih menari.
Ia juga ingin ikut menari.
Apa yang sebaiknya dilakukan Siti?

Menurutku, sebaiknya Siti ........................................
...................................................................................
...................................................................................
...................................................................................

TEMA 1 SUB 2 PB 3 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar