RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Tempat Bermain / 3
Muatan Pelajaran : SBdP, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat membuat teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan alat dan bahan serta langkah membuat kartu bilangan, siswa dapat membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu bilangan.
- Dengan diberikan soal latihan, siswa dapat membubuhkan tanda <, =, atau > di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati gambar yang ada di dalam Buku Siswa.
- Siswa mengerjakan tugas membuat percakapan dengan teman di sebelahnya.
- Kemudian, teks percakapan tersebut diperankan secara berpasangan.
- Guru memberi pengantar cerita mengenai kerukunan untuk mengaitkan muatan matematika yang akan dipelajari.
- Siswa mengamati cara membandingkan dua bilangan cacah seperti yang tertulis pada Buku Siswa.
- Siswa menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat kartu bilangan.
- Siswa membuat kartu bilangan di bawah bimbingan guru.
- Siswa berlatih mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Siswa.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Evaluasi
Bandingkan dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya!
349 = ........ + ...... + ....
394 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... kurang dari .....
Jadi, 349 ..... 394
325 = ........ + ...... + ....
532 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... kurang dari .....
Jadi, 325 ..... 532
668 = ........ + ...... + ....
662 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... lebih dari .....
Jadi, 668 ..... 662
512 = ........ + ...... + ....
521 = ........ + ...... + ....
Bilangan ...... kurang dari .....
Jadi, 512 521
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Lakukanlah gerakan-gerakan tarian tersebut
secara berurutan sesuai hitungan!
Lakukan gerakan bersama-sama dengan temanmu.
Gerakan juga dapat dikembangkan sendiri.
Lani memperhatikan Siti berlatih menari.
Ia juga ingin ikut menari.
Apa yang sebaiknya dilakukan Siti?
Menurutku, sebaiknya Siti ........................................
......................................................................................................................................................................
...................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar