Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Sabtu, 18 April 2020

TEMA 1 SUB 2 PB 2 KELAS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester    : 1/1
Tema 1    : Diriku
Sub Tema 2/ Pembelajaran    : Tubuhku / 2
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, PJOK
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  • Dengan bermain “Guru Berkata”, siswa dapat menunjukkan anggota tubuhnya.
  • Dengan berkumpul bersama teman, siswa dapat menceritakan guna bagian-bagain tubuh.
  • Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya.
  • Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menggunakan kosakata tentang pancaindra.
  • Dengan berlatih, siswa dapat menjodohkan gambar pancaindra danbacaannya.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

Ayo Bernyanyi
  • Pada awal pelajaran, guru memberi salam.
  • Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai kegiatan.
  • Guru melakukan apersepsi
Kegiatan Inti
Ayo Berlatih
  • Guru lalu membagi siswa dalam beberapa kelompok. (Buku Siswa halaman 45).
  • Setelah itu, guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk bercerita tentang hasil kerja kelompoknya, yaitu menceritakan tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya.
Ayo Mengamati
  • Guru meminta siswa mengamati Buku Siswa halaman 47. Guru bertanya pada siswa, kegiatan apa saja yang kira-kira dilakukan oleh anak-anak pada gambar di Buku Siswa halaman 47?
  • Guru lalu menjelaskan tentang pancaindra.
  • Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian pancaindra dan menempelnya di papan tulis lengkap dengan nama dan kegunaannya. (Buku Siswa halaman 48).
Ayo Berlatih
  • Guru meminta siswa melihat Buku Siswa halaman 48.
  • Guru meminta siswa menirukan ucapan guru saat membacakan kalimat di halaman tersebut tentang pancaindra dan kegunaannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
  • Sebagai penutup, siswa berlatih mengerjakan soal di Buku Siswa halaman 49-50 untuk menguatkan pemahaman siswa tentang pancaindra.
Kegiatan   Penutup
  • Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan
  • Kegiatan kelas diakhiri berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                                …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti                 Guru Kelas I



ASNAINI, S.Pd                                         FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001                    NIP. 19621231 198609 2 001


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)


Beri tanda (√) pada pada gambar yang benar.
a. Kegiatan mana yang menggunakan kaki?


TEMA 1 SUB 2 PB 2 KELAS 1

b. Kegiatan mana yang menggunakan mulut? 

TEMA 1 SUB 2 PB 2 KELAS 1




Evaluasi

Mengenal Panca indera 

TEMA 1 SUB 2 PB 2 KELAS 1

TEMA 1 SUB 2 PB 2 KELAS 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar