RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Aku Merawat Tubuhku / 1
Muatan Pelajaran : SBdP, Bahasa Indonesia, PPKn
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan mengamati contoh finger painting, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri finger painting sebagai karya dua dimensi dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan mengamati pembuatan cat untuk finger painting, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan untuk membuat finger painting dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan mengamati guru memeragakan cara membuat finger painting, siswa dapat mendemonstrasikan cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat finger painting dengan benar dan percaya diri.
- Dengan kegiatan diskusi bersama teman, siswa dapat menentukan ide/ gagasan, tema, dan objek untuk membuat karya finger painting sesuai dengan tema merawat tubuh.
- Dengan mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat finger painting, siswa dapat menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya finger painting dengan tepat.
- Dengan mengamati poster urutan mencuci tangan, siswa dapat menemukan informasi mengenai cara mencuci tangan dengan benar sebagai aturan dalam kehidupan sehari-hari.
- Dengan mempraktikkan cara mencuci tangan yang tepat, siswa dapat menerapkan kebiasaan mencuci tangan secara benar dengan disiplin baik di rumah maupun sekolah.
- Dengan melakukan berbagai cara duduk saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan cara duduk yang baik saat menulis dengan tepat.
- Dengan melakukan berbagai cara memegang pensil saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan cara memegang pensil yang benar saat menulis dengan tepat.
- Dengan melakukan berbagai cara meletakkan buku saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan cara meletakkan buku yang benar saat menulis dengan tepat.
- Dengan menentukan cara duduk yang baik saat menulis pada Buku Siswa, siswa dapat mendemonstrasikan cara duduk yang baik saat menulis dengan percaya diri.
- Dengan menentukan cara memegang pensil yang baik saat menulis pada Buku Siswa, siswa dapat mendemonstrasikan cara memegang pensil yang tepat saat menulis dengan percaya diri.
- Dengan menentukan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis pada
- Buku Siswa, siswa dapat mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis dengan percaya diri
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
- Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
- Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
Ayo Mengamati
- Guru membuka pelajaran dengan bercerita menggunakan boneka jari tentang keluarga Jari-jemari yang saling membantu untuk menempelkan kertas besar di salah satu sudut sekolah.
- Guru menunjukkan beberapa contoh dari finger painting pada siswa sebagai salah satu contoh penggunaan jemari untuk berkreasi.
- Siswa untuk mengamati karya finger painting melalui aktivitas melihat dan meraba.
- Siswa di ajak untuk membuat finger painting.
- Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat finger painting dengan cara memilih kombinasi warna yang disukainya dan menentukan cara melukis, apakah menggunakan jari atau telapak tangan.
- Guru meminta siswa untuk mengamati tubuh masing-masing setelah melakukan finger painting.
- Guru mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai apa yang akan terjadi jika tangan dan kaki masih kotor sedangkan sepulang sekolah aktivitas dilakukan di rumah.
- Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan pada Buku Siswa.
- Guru mendampingi siswa selama mengerjakan latihan.
- Guru menunjukkan gambar/poster urutan mencuci tangan.
- Siswa mengamati cara mencuci tangan dengan tepat yang terdapat dalam poster dan melakukan langkah-langkahnya bersamasama.
- Guru menunjukkan buku dan pensil yang terletak di meja dan menanyakan kepada siswa cara agar buku dan pensil tersebut dapat digunakan. Apakah tangan diperlukan agar dapat menggunakan kedua benda tersebut? (Siswa tentu akan menjawab Ya).
- Siswa menirukan berbagai posisi yang terdapat pada gambar.
- Sebagai penutup guru me-review semua kegiatan yang sudah dilakukan selama satu hari dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
- Kelas ditutup dengan doa bersama.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Beri tanda (√) pada gambar yang sesuai.
0 komentar:
Posting Komentar