RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Aku Merawat Tubuhku / 2
Muatan Pelajaran : PJOK, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan mengamati contoh sikap berdiri yang diperagakan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dengan runtut dan percaya diri.
- Setelah melakukan kegiatan baris-berbaris, siswa dapat mempraktikkan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dengan tepat.
- Setelah melakukan berbagai posisi jarak antara mata dengan media menulis, siswa dapat menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis dengan benar.
- Setelah melakukan berbagai posisi duduk dengan diterangi cahaya, siswa dapat menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis dengan tepat.
- Dengan melakukan kegiatan menulis di meja, siswa dapat mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis dengan tepat dan disiplin.
- Dengan melakukan kegiatan menulis di meja, siswa dapat mendemonstrasikan pencahayaan saat menulis dengan baik.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
- Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru melakukan apersepsi.
Ayo Mengamati
- Siswa diajak untuk berkumpul di lapangan dan mengamati kondisi tubuh masing-masing.
- Guru dan siswa melakukan pemanasan bersama-sama sebelum memulai kegiatan olahraga.
- Guru juga memberi contoh instruksi saat berbaris seperti: “Siap grak!” “Lencang depan grak!” dan “Tegak grak!”
- Siswa saling mengamati sikap berdiri yang dilakukan dengan teman yang posisinya berdekatan.
- Guru mengulang kembali materi yang telah disampaikan pada pembelajaran 1 mengenai kegiatan persiapan menulis permulaan yang meliputi cara duduk, cara memegang pensil, dan cara meletakkan buku.
- Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar mengenai kegiatan menulis permulaan berupa mengatur posisi mata dengan media menulis dan mengatur penggunaan cahaya ketika menulis.
- Siswa dipersilakan untuk menyalin kalimat “buku baru“ pada buku siswa.
- Siswa boleh memilih tempat di mana saja agar dapat mendemonstrasikan kegiatan persiapan menulis permulaan yang tepat.
- Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
- Pelajaran ditutup dengan doa bersama
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
0 komentar:
Posting Komentar