RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Aku Merawat Tubuhku / 4
Muatan Pelajaran : PJOK, SBdP, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Setelah mendengarkan cerita tentang cara menjaga kebersihan tubuh, siswa dapat menjelaskan cara menjaga kebersihan rambut, badan, gigi, kuku, dan telinga dengan runtut.
- Setelah mendengarkan cerita tentang cara menjaga kebersihan tubuh, siswa dapat menceritakan pengalaman menjaga kebersihan rambut, badan, gigi, kuku, dan telinga di rumah dengan lengkap.
- Dengan menyimak peragaan guru tentang cara menjaga kebersihan pakaian, siswa dapat menjelaskan cara menjaga kebersihan pakaian saat sedang dipakai dan setelah dipakai dengan tepat.
- Setelah mendengarkan cerita tentang cara menjaga kebersihan pakaian, siswa dapat menceritakan rangkaian kegiatan mencuci pakaian dengan lengkap.
- Setelah menonton video cara melukis dengan jari, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah melukis dengan jari.
- Setelah mengamati karya lukisan jari, siswa dapat membuat karya lukisan jari berdasarkan ide/gagasan, tema, dan objek yang telah ditentukan dengan sesuai
- Setelah mengamati informasi cara merawat kulit, siswa dapat menunjukkan informasi cara merawat kulit dengan tepat.
- Dengan mengikuti petunjuk yang terdapat pada informasi cara merawat kulit, siswa dapat mempraktikkan cara merawat kulit sebagai salah satu pancaindra dengan baik.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
- Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru melakukan apersepsi.
Ayo Mengamati
- Guru bercerita menggunakan boneka tangan mengenai Udin yang suka bermain bola bersama teman-temannya.
- Selesai bercerita, siswa di bagi menjadi 6 kelompok. siswa membuat penjelasan mengenai cara mencuci tangan, mandi, keramas, membersihkan telinga, menggunting kuku, dan mencuci pakaian. Siswa dapat membuat kreasi apa saja sebagai media penjelasan, dapat berupa poster, komik, lagu, dan sebagainya.
- Setelah berdiskusi dengan teman sekelompok, siswa untuk menceritakan hasilnya.
- Guru melakukan tanya jawab tentang finger painting yang telah disampaikan pada pembelajaran ke-1.
- Guru memutarkan video tentang cara membuat finger painting (jika kondisi tidak memungkinkan, guru dapat memeragakan cara membuat finger painting).
- Siswa memikirkan gagasan yang akan diekspresikan melalui karya finger painting dan melakukannya secara mandiri.
- Guru mempersiapkan alat dan bahan yang kiranya diperlukan oleh siswa di suatu tempat.
- Guru menunjukkan gambar melap tangan setelah mencuci tangan. Tanyakan pada siswa kenapa setelah cuci tangan, tangan harus dikeringkan?
- Guru melakukan konfirmasi akan hasil diskusi siswa mengenai cara merawat kulit.
- Kemudian, guru meminta siswa untuk mempraktikkan cara mengeringkan tangan setelah mencucinya.
- Akhiri pelajaran dengan melakukan refleksi atas kegiatan yang telah dilakukan.
- Minta salah seorang siswa untuk memimpin doa sebelum kegiatan berakhir.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Perhatikan gambar di bawah ini.
Mari melukis dengan jari.
Gambarlah kegiatanmu merawat tubuh.
0 komentar:
Posting Komentar