Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Sabtu, 25 April 2020

TEMA 1 SUB 3 PB 5 KELAS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester    : 1/1
Tema 1    : Diriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran    : Aku Merawat Tubuhku / 5
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu    : 1 Hari



A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menunjukkan huruf vocal dengan tepat.
  2. Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menunjukkan huruf konsonan dengan tepat.
  3. Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi satu kata dengan tepat.
  4. Setelah bermain acak huruf, siswa dapat melafalkan huruf vokal dengan tepat.
  5. Setelah bermain acak huruf, siswa dapat melafalkan huruf konsonan dengan tepat.
  6. Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi satu kata dengan tepat.
  7. Setelah menghitung banyak benda, siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari atau sama dengan secara tepat.
  8. Setelah menghitung banyak benda, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar dengan tepat
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
  • Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
  • Guru melakukan apersepsi.
Kegiatan Inti
Ayo Mencoba
  • Guru mengawali kegiatan dengan bernyanyi bersama lagu alfabet.
  • Bimbing siswa untuk melafalkan satu per satu huruf dalam deret alfabet.
  • Siswa menghitung banyaknya huruf alfabet (26 huruf).
  • Guru memperkenalkan huruf (abjad) kepada siswa dari a sampai z. Huruf-huruf tersebut ditulis di papan tulis, masing-masing huruf tersebut juga perlu ditulis dalam sebuah kartu, artinya masing-masing huruf dibuat satu kartu. Guru memberikan contoh cara membaca huruf-huruf tersebut, siswa diminta untuk menirukannya.
  • Guru menugaskan beberapa siswa untuk mengambil huruf-huruf tertentu dari kartu-kartu huruf yang tersedia. Biarkan siswa mengenal huruf-huruf itu tanpa makna karena tujuannya adalah mengenal dan memahami huruf (abjad). Lakukan kegiatan ini berulang-ulang sehingga siswa benar-benar mengenal dan memahami huruf-huruf itu.
Ayo Berlatih
  • Siswa untuk menyusun huruf-huruf yang tersedia menjadi kata yang bermakna.
Ayo Berlatih
  • Setelah menyelesaikan lembar kerja menyusun huruf, siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan selanjutnya.
Ayo Berlatih
  • Guru meminta kepada siswa mengurutkan bilangan dari yang terkecil
Kegiatan   Penutup
  • Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan
  • Kegiatan kelas diakhiri berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti                 Guru Kelas I



ASNAINI, S.Pd                         FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001                 NIP. 19621231 198609 2 001



Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Susun huruf-huruf berikut menjadi kata yang tepat.
 
TEMA 1 SUB 3 PB 5 KELAS 1


Urutkan dari yang terkecil.
Tuliskan di tempat yang tersedia.

 
TEMA 1 SUB 3 PB 5 KELAS 1


Evaluasi

Bandingkan bilangan ini.

Gunakan kata lebih dari, kurang dari, atau sama
dengan.

TEMA 1 SUB 3 PB 5 KELAS 1
 

TEMA 1 SUB 3 PB 5 KELAS 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar