RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Aku Merawat Tubuhku / 5
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menunjukkan huruf vocal dengan tepat.
- Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menunjukkan huruf konsonan dengan tepat.
- Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi satu kata dengan tepat.
- Setelah bermain acak huruf, siswa dapat melafalkan huruf vokal dengan tepat.
- Setelah bermain acak huruf, siswa dapat melafalkan huruf konsonan dengan tepat.
- Setelah bermain acak huruf, siswa dapat menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi satu kata dengan tepat.
- Setelah menghitung banyak benda, siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari atau sama dengan secara tepat.
- Setelah menghitung banyak benda, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar dengan tepat
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
- Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru melakukan apersepsi.
Ayo Mencoba
- Guru mengawali kegiatan dengan bernyanyi bersama lagu alfabet.
- Bimbing siswa untuk melafalkan satu per satu huruf dalam deret alfabet.
- Siswa menghitung banyaknya huruf alfabet (26 huruf).
- Guru memperkenalkan huruf (abjad) kepada siswa dari a sampai z. Huruf-huruf tersebut ditulis di papan tulis, masing-masing huruf tersebut juga perlu ditulis dalam sebuah kartu, artinya masing-masing huruf dibuat satu kartu. Guru memberikan contoh cara membaca huruf-huruf tersebut, siswa diminta untuk menirukannya.
- Guru menugaskan beberapa siswa untuk mengambil huruf-huruf tertentu dari kartu-kartu huruf yang tersedia. Biarkan siswa mengenal huruf-huruf itu tanpa makna karena tujuannya adalah mengenal dan memahami huruf (abjad). Lakukan kegiatan ini berulang-ulang sehingga siswa benar-benar mengenal dan memahami huruf-huruf itu.
- Siswa untuk menyusun huruf-huruf yang tersedia menjadi kata yang bermakna.
- Setelah menyelesaikan lembar kerja menyusun huruf, siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan selanjutnya.
- Guru meminta kepada siswa mengurutkan bilangan dari yang terkecil
- Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan
- Kegiatan kelas diakhiri berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Susun huruf-huruf berikut menjadi kata yang tepat.
Urutkan dari yang terkecil.
Tuliskan di tempat yang tersedia.
Evaluasi
Bandingkan bilangan ini.
Gunakan kata lebih dari, kurang dari, atau sama
dengan.
0 komentar:
Posting Komentar