RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Aku Merawat Tubuhku / 6
Muatan Pelajaran : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Setelah melakukan pemeriksaan kebersihan tubuh, siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan menjaga kebersihan tubuh di rumah dengan tepat.
- Setelah menyimak penjelasan guru mengenai cara menggunting kuku dan membersihkan telinga, siswa dapat menerapkan aturan merawat tubuh secara disiplin dalam kehidupan sehari-hari.
- Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menyebutkan kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kata yang berhubungan dengan cara memelihara kesehatan dengan tepat.
- Setelah membandingkan arti dari dua kata, siswa dapat memilih kosakata tentang cara memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
- Setelah membaca cerita sederhana, siswa mampu menggunakan kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
- Setelah membuat cerita sederhana untuk bermain peran, siswa mampu menggunakan kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
- Setelah bermain peran, siswa dapat mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang cara memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat. Setelah menghitung banyak benda, siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan istilah lebih dari, kurang dari atau sama dengan secara tepat.
- Setelah menghitung maju dan mundur bilangan 1 sampai 10, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar dengan tepat
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
- Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru melakukan apersepsi.
Ayo Mengamati
- Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai cara-cara siswa menjaga kebersihan rambut, tubuh, kuku, gigi, dan telinga di rumah.
- Siswa untuk membuat peraturan bagi diri mereka sendiri mengenai kegiatan merawat tubuh di rumah.
- Guru meminta siswa untuk bekerja sama dengan orang tua di rumah dalam menjalankan peraturan tersebut.
- Guru melanjutkan pelajaran dengan bercerita tentang kisah Kaila yang sakit gigi dan berkunjung ke dokter gigi.
- Guru mengajak siswa berdiskusi mengenai kosakata yang berkaitan dengan kesehatan.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membuat cerita sederhana berdasarkan cerita yang telah dibaca.
- Siswa diminta untuk menampilkan cerita sederhana yang telah dibuat sambil bermain peran.
- Siswa putra diminta untuk membuat satu kelompok, demikian pula siswa putri. Kemudian, tiap kelompok berdiri berdampingan.
- Guru menanyakan kepada siswa lainnya jumlah siswa pada kelompok putra dan jumlah siswa pada kelompok putri.
- Siswa menuliskan lambang bilangan dari masing-masing anggota kelompok di papan tulis.
- Sebelum kegiatan belajar ditutup siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
- Kegiatan ditutup dengan doa bersama.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Aturan Merawat Tubuh
Evaluasi
Lingkari kata yang tepat!
- Udin ( mandi/keramas ) memakai sabun.
- Beni pergi ke (sikat/dokter) gigi.
- Dayu mencuci (rambut/tangan) memakai sampo.
- Lani menggosok (gigi/telinga) dua kali sehari.
- Setelah bermain Edo mencuci (hidung/tangan).
0 komentar:
Posting Komentar