Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Minggu, 26 April 2020

TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester    : 1/1
Tema 1    : Diriku
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Aku Istimewa / 1
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan mengamati teks sederhana tentang keberagaman, siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa dengan tepat.
  2. Setelah mengidentifikasi kosakata yang berkaitan dengan aku istimewa, siswa dapat melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kosakata tersebut dengan tepat.
  3. Dengan mengamati foto keluarga, siswa dapat menggali informasi tentang ciri khas masing-masing individu di rumah dengan tepat.
  4. Setelah memperoleh informasi mengenai ciri khas anggota keluarga, siswa dapat menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masingmasing anggota keluarga dalam kebersamaan di rumah dengan lancar.
  5. Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
  6. Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat sebuah hiasan pensil berupa boneka kulit jagung.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
  • Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
  • Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
  • Guru melakukan apersepsi
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar orang dari berbagai daerah di Indonesia, siswa mengamati gambar tersebut.
  • Kemudian, siswa menyimak cerita guru tentang keberagaman masyarakat Indonesia seperti diceritakan di Buku Siswa
  • Guru meminta siswa untuk mengamati berbagai rangkaian huruf yang ada di papan tulis.
Ayo Berlatih
  • Guru melafalkan huruf a, i, u, e, o. Siswa mengikuti pelafalan huruf yang diucapkan guru.
Ayo Berlatih
  • Siswa mengerjakan Buku Siswa mengenai huruf vokal.
Ayo Mengamati
  • Guru meminta siswa untuk mengeluarkan foto keluarga yang telah ditugaskan sebelumnya dan mengamatinya.
  • Setelah mengamati foto, minta siswa untuk mencatat ciri khas dari setiap anggota keluarga.
Ayo Berkreasi
  • Guru menjelaskan tentang karya kerajinan.
  • Siswa mengamati boneka kulit jagung yang dibawa oleh guru.
  • Siswa mengidentifikasi bagian dari pohon jagung yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan.
  • Guru mendemonstrasikan cara membuat boneka kulit jagung seperti yang tertera pada Buku Siswa.
  • Setelah menyimak peragaan guru, siswa membuat boneka dari kulit jagung.
Kegiatan   Penutup
  • Sebelum kegiatan belajar ditutup siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
  • Kegiatan ditutup dengan doa bersama.
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti                 Guru Kelas I



ASNAINI, S.Pd                         FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001                 NIP. 19621231 198609 2 001


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Tebalkan huruf a, i, u, dan e pada kata di bawah ini.
Lafalkan bunyi berikut ini.


TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 1
 

TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar