RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kota Bakti
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Aku Istimewa / 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan mengamati teks sederhana tentang keberagaman, siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa dengan tepat.
- Setelah mengidentifikasi kosakata yang berkaitan dengan aku istimewa, siswa dapat melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kosakata tersebut dengan tepat.
- Dengan mengamati foto keluarga, siswa dapat menggali informasi tentang ciri khas masing-masing individu di rumah dengan tepat.
- Setelah memperoleh informasi mengenai ciri khas anggota keluarga, siswa dapat menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masingmasing anggota keluarga dalam kebersamaan di rumah dengan lancar.
- Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
- Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat sebuah hiasan pensil berupa boneka kulit jagung.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
- Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
- Guru melakukan apersepsi
Ayo Mengamati
- Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar orang dari berbagai daerah di Indonesia, siswa mengamati gambar tersebut.
- Kemudian, siswa menyimak cerita guru tentang keberagaman masyarakat Indonesia seperti diceritakan di Buku Siswa
- Guru meminta siswa untuk mengamati berbagai rangkaian huruf yang ada di papan tulis.
- Guru melafalkan huruf a, i, u, e, o. Siswa mengikuti pelafalan huruf yang diucapkan guru.
- Siswa mengerjakan Buku Siswa mengenai huruf vokal.
- Guru meminta siswa untuk mengeluarkan foto keluarga yang telah ditugaskan sebelumnya dan mengamatinya.
- Setelah mengamati foto, minta siswa untuk mencatat ciri khas dari setiap anggota keluarga.
- Guru menjelaskan tentang karya kerajinan.
- Siswa mengamati boneka kulit jagung yang dibawa oleh guru.
- Siswa mengidentifikasi bagian dari pohon jagung yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan.
- Guru mendemonstrasikan cara membuat boneka kulit jagung seperti yang tertera pada Buku Siswa.
- Setelah menyimak peragaan guru, siswa membuat boneka dari kulit jagung.
- Sebelum kegiatan belajar ditutup siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini.
- Kegiatan ditutup dengan doa bersama.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD Negeri 1 Kota Bakti Guru Kelas I
ASNAINI, S.Pd FATIMAH DORA, S.Pd
NIP. 19700903 199305 2 001 NIP. 19621231 198609 2 001
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
(LKPD)
Tebalkan huruf a, i, u, dan e pada kata di bawah ini.
Lafalkan bunyi berikut ini.
0 komentar:
Posting Komentar