Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Kamis, 07 Mei 2020

TEMA 1 SUB 2 PB 6 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 2/ Pembelajaran    : Hidup Rukun di Tempat Bermain / 6
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan teks lagu, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks lagu dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks lagu, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dalam teks lagu dengan ejaan yang benar.
  3. Dengan diberikan simbol sila Pancasila, siswa dapat menuliskan rumusansila Pancasila dengan benar.
  4. Dengan diberikan gambar penerapan sila keempat dan kelima, siswa dapat memasang gambar yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di tempat bermain dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di tempat bermain dengan benar.
  7. Dengan diberikan kumpulan bilangan tiga angka, siswa dapat mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.
  8. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa menyimak lagu Wajib Belajar yang dinyanyikan oleh guru.
Ayo Berlatih
  • Siswa menyanyikan lagu yang syairnya berisi kata ajakan untuk melaksanakan wajib belajar.
  • Siswa menuliskan kalimat ajakan sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
  • Siswa mengidentifikasi penerapan sila keempat di tempat bermain ketika Udin dan teman-temannya bermusyawarah mengenai lagu yang akan dinyanyikan.
Ayo Menulis
  • Siswa menuliskan rumusan sila pada Pancasila yang sesuai dengan simbolnya
Ayo Berlatih
  • Siswa memasangkan sila pada Pancasila dengan gambar penerapan yang sesuai..
Ayo Mencoba
  • Siswa menceritakan pengalaman penerapan sila keempat dan kelima di tempat bermain.
Ayo Berlatih
  • Siswa mengamati nilai tempat bilangan tiga angka seperti contoh pada Buku Siswa.
  • Siswa berlatih mengurutkan bilangan tiga angka seperti tercantum pada  Buku Siswa dengan teliti.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                                 …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................          Guru Kelas II



...............................................                  ...............................................
NIP. .......................................                  NIP. .......................................


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)


Urutkan bilangan- bilangan berikut dari yang terbesar sampai terkecil!

1.    623             437            735
        .....             .....             .....


2.    345            967            464
        .....             .....             .....

Mengurutkan bilangan juga dapat dihitung dari banyaknya kubus satuan.

TEMA 1 SUB 2 PB 6 KELAS 2



Evaluasi


Tulislah rumusan sila Pancasila yang sesuai
dengan simbolnya!

TEMA 1 SUB 2 PB 6 KELAS 2

Pasangkan sikap pada gambar dengan sila yang
sesuai!

TEMA 1 SUB 2 PB 6 KELAS 2

TEMA 1 SUB 2 PB 6 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar