RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Tempat Bermain / 6
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks lagu, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks lagu dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dalam teks lagu dengan ejaan yang benar.
- Dengan diberikan simbol sila Pancasila, siswa dapat menuliskan rumusansila Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar penerapan sila keempat dan kelima, siswa dapat memasang gambar yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di tempat bermain dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di tempat bermain dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan bilangan tiga angka, siswa dapat mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa menyimak lagu Wajib Belajar yang dinyanyikan oleh guru.
- Siswa menyanyikan lagu yang syairnya berisi kata ajakan untuk melaksanakan wajib belajar.
- Siswa menuliskan kalimat ajakan sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
- Siswa mengidentifikasi penerapan sila keempat di tempat bermain ketika Udin dan teman-temannya bermusyawarah mengenai lagu yang akan dinyanyikan.
- Siswa menuliskan rumusan sila pada Pancasila yang sesuai dengan simbolnya
- Siswa memasangkan sila pada Pancasila dengan gambar penerapan yang sesuai..
- Siswa menceritakan pengalaman penerapan sila keempat dan kelima di tempat bermain.
- Siswa mengamati nilai tempat bilangan tiga angka seperti contoh pada Buku Siswa.
- Siswa berlatih mengurutkan bilangan tiga angka seperti tercantum pada Buku Siswa dengan teliti.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Urutkan bilangan- bilangan berikut dari yang terbesar sampai terkecil!
1. 623 437 735
..... ..... .....
2. 345 967 464
..... ..... .....
Mengurutkan bilangan juga dapat dihitung dari banyaknya kubus satuan.
Evaluasi
Tulislah rumusan sila Pancasila yang sesuai
dengan simbolnya!
Pasangkan sikap pada gambar dengan sila yang
sesuai!
0 komentar:
Posting Komentar