RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Sekolah/ 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
- Dengan diberikan kalimat perintah yang rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan kata yang tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya.
- Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.
- Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan benar.
- Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan benar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati teks percakapan antara Udin dan ibunya yang terdapat di Buku Siswa. Di dalam percakapan tersebut terdapat kalimat perintah.
- Siswa menyebutkan kalimat perintah yang terdapat dalam percakapan tersebut, kemudian menuliskannya di tempat yang tersedia.
- Siswa membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar percakapan.
- Siswa melengkapi kalimat sehingga menjadi kalimat perintah.
- Siswa mengamati gambar peralatan yang digunakan untuk menggambar (membuat karya imajinatif).
- Siswa memasangkan gambar karya imajinatif dengan alat mewarnai yang sesuai
- Siswa menggambar benda-benda atau makhluk hidup
- Siswa mewarnai gambar yang sudah digambar dengan salah satu alat mewarnai.
- Siswa mengamati gambar kumpulan kubus yang menyatakan banyak siswa laki-laki dan perempuan.
- Siswa menjumlahkan banyak siswa yang terdapat di sekolah
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Bacalah kalimat perintah di bawah ini!
Lengkapilah kalimat berikut menjadi kalimat perintah!
1. __________________ ke kelas setelah bel berbunyi!
2. __________________ kebersihan kelas!
3. __________________ pintu setelah masuk ke dalam ruangan!
4. __________________ buku-buku di rak agar terlihat rapi!
5. __________________ sampah pada tempatnya!
Tentukan hasil penjumlahan berikut!
Evaluasi
Bacalah kalimat perintah di bawah ini!
Lengkapilah kalimat berikut menjadi kalimat perintah!
1. __________________ ke kelas setelah bel berbunyi!
2. __________________ kebersihan kelas!
3. __________________ pintu setelah masuk ke dalam ruangan!
4. __________________ buku-buku di rak agar terlihat rapi!
5. __________________ sampah pada tempatnya!
0 komentar:
Posting Komentar