RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Sekolah/ 2
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita atau lagu yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali perintah dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila pertama Pancasila benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila kedua Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama Pancasila di sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menceritakan tenang pengalaman menerapkan sila kedua Pancasila di sekolah dengan benar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati gambar gerak berlari ke segala arah. Siswa menuju lapangan untuk memperagakan gerakan-gerakan yang terdapat di Buku
- Siswa bermain berlari berpasangan. Permainan ini membutuhkan kekompakan, siswa menjaga kekompakan dengan pasangannya.
- Siswa membaca teks berjudul Berolahraga Bersama. Di dalam teks tersebut terdapat kalimat perintah yang harus ditunjukkan oleh siswa.
- Siswa membuat pertanyaan berdasarkan teks Berolahraga Bersama.
- Siswa menyebutkan isi gambar seperti pada buku siswa
- Setelah jawaban sesuai harapan, siswa menuliskan jawaban tersebut.
- Siswa menceritakan kegiatan di sekolah yang menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Sikap Udin di sekolah sesuai dengan pengamalan
sila pertama dan kedua Pancasila.
Sikap manakah yang dimaksud?
Tuliskan pada tabel berikut!
Evaluasi
Buatlah pertanyaan dan jawaban tentang
pengalaman Udin ketika berolahraga bersama!
Tuliskan pertanyaan itu pada kartu tanya jawab.
Tukarkan kartumu dengan teman sebangkumu.
Kemudian, tuliskan jawaban yang benar sesuai
dengan pertanyaan temanmu.
Pertanyaan : ..............................................................
....................................................................................
Jawaban : ..................................................................
....................................................................................
....................................................................................
....................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar