RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Sekolah / 3
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
- Dengan diberikan gambar, siswa dapat melatih menuliskan kalimat perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan pengurangan dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa. Gambar itu menceritakan kebersamaan para siswa dalam mengerjakan tugas piket.
- Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pentingnya kebersamaan.
- Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa.
- Siswa menunjukkan kalimat perintah yang terdapat pada teks tersebut.
- Siswa mengamati gambar yang ada di Buku Siswa.
- Siswa membuat kata-kata perintah yang berhubungan dengan gambar tersebut.
- Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai persoalan yang harus diselesaikan menggunakan operasi hitung pengurangan.
- Siswa berlatih mengerjakan soal-soal latihan pengurangan.
- Siswa membuat gambar imajinatif dengan membuat sketsa terlebih dahulu. Gambar imajinatif yang akan dibuat adalah gambar bunga dan daun.
- Sketsa yang dibuat nantinya akan diberi warna dengan alat warna yang sudah dipilih oleh siswa.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Tuliskan kalimat itu dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan rapi!
Evaluasi
Tentukan hasil pengurangan berikut dengan cara
panjang!
Tentukan hasil pengurangan dengan cara pendek!
0 komentar:
Posting Komentar