RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Sekolah / 5
Muatan Pelajaran : PPKN, Bahasa Indonesia, PJOK
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kalimat perintah yang terdapat di dalam teks dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Beraktivitas
- Siswa melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
- Siswa melakukan gerakan berlari ke segala arah.
- Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 3 – 4 orang.
- Siswa berdiskusi tentang penerapan sila ketiga Pancasila.
- Siswa membaca kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru seperti pada Buku Siswa.
- Siswa mengamati kalimat perintah yang pernah diucapkan oleh guru setelah berolahraga.
- Siswa menuliskan manfaat dari kalimat perintah tersebut.
- Siswa memperagakan kalimat perintah yang dibuatnya.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Perbuatan yang sesuai atau tidak sesuai sila ketiga Pancasila?
Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila
di sekolah!
Evalusi
Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila di sekolah !
Contoh pengamalan sila ketiga Pancasila:
1. ___________________________________________
___________________________________________
2. ___________________________________________
___________________________________________
3. ___________________________________________
___________________________________________
0 komentar:
Posting Komentar