RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Sekolah / 6
Muatan Pelajaran : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan makna kalimat perintah yang terdapat di dalam teks cerita atau lagu yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menggunakan kalimat peritah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret , siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Berlatih
- Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
- Siswa membuat pertanyaan sesuai gambar yang diamati pada Buku Siswa.
- Kemudian, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengusulkan lagu wajib apa yang akan dinyanyikan.
- Siswa menyanyikan lagu wajib hasil pilihan kelas
- Siswa menyebutkan bunyi sila keempat Pancasila.
- Siswa menuliskan penerapan sila keempat dan sila kelima Pancasila sesuai gambar yang ada di Buku Siswa.
- Siswa menuliskan contoh penerapan sila keempat atau sila kelima Pancasila pada tabel yang tersedia.
- Guru memberi pengantar mengenai pemungutan suara untuk menentukan lagu yang akan dinyanyikan. Peristiwa itu digunakan untuk masuk pada pencapaian KD matematika tentang operasi pengurangan bilangan tiga angka.
- Siswa mengerjakan soal cerita mengenai pengurangan.
- Siswa berlatih membuat soal cerita yang berkaitan dengan operasi pengurangan.
- Siswa melingkari kalimat perintah yang terdapat pada syair lagu. “Sebelum Kita Makan”
- Siswa membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar-gambar yang ada di Buku Siswa.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Tuliskan contoh pengamalan sila keempat dan kelima di bawah gambar!
Evaluasi
Tuliskan contoh perilaku lainnya yang sesuai sila
keempat atau kelima di sekolah!
0 komentar:
Posting Komentar