Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Sabtu, 09 Mei 2020

TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Hidup Rukun di Masyarakat/ 1
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika
Alokasi Waktu    : 1 Hari



A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
  4. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
  5. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
  6. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
  7. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
  8. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
  9. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
  10. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
  11. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
  12. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan tepat.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa mendengarkan guru membaca teks berjudul Membuang Sampah di Tempat Sampah.
  • Siswa mengamati kalimat yang menunjukkan kalimat ajakan.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Badu.
  • Siswa menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar prakarya hasil karya Udin, Edo, dan Siti.
Ayo Berkreasi
  • Siswa membuat hiasan dari biji-bijian.
  • Siswa menyiapkan alat untuk membuat hiasan
  • lem, biji kacang hijau, kertas karton putih, pensil, penghapus, lem
  • Siswa mengikuti langkah-langkah kegiatan:
  • membuat sketsa, menyempurnakan sketsa, menempelkan biji kacang hijau sesuai gambar
Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih menghitung selisih biji-bijian yang digunakan dengan operasi pengurangan.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.


Mengetahui,                                             …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................       Guru Kelas II



...............................................                 ...............................................
NIP. .......................................                 NIP. .......................................


Evaluasi


Buatlah bilangan tiga angka terbesar dan terkecil dari angka berikut!

TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 2

Tentukan jumlah dan selisih dari bilangan yang diperoleh!


TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 2


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)


Pasangkan hasil karya dengan bahan dan peralatan yang sesuai!

TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 2

Tuliskan alat dan bahan yang digunakan Udin, Edo, dan Siti!



TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 2

TEMA 1 SUB 4 PB 1 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar