Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Minggu, 10 Mei 2020

TEMA 1 SUB 4 PB 2 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Hidup Rukun di Masyarakat / 2
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, PPKn, PJOK
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kembali kalimat penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama Pancasila di masyarakat dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kedua Pancasila di masyarakat.
  7. Dengan diberikan contoh gerakan melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  8. Dengan diberikan contoh gerakan melompat oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks percakapan yang ada di Buku Siswa.
  • Siswa membaca sesuai peran yang ada di dalam teks percakapan tersebut.
Ayo Bercerita
  • Siswa menceritakan kembali teks percakapan yang sudah dibacanya.
  • Siswa mencantumkan bagian penolakan yang terdapat pada cerita tersebut.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar percakapan warga yang sedang bergotong royong.
  • Siswa menyebutkan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila berdasarkan gambar percakapan.
Ayo Bercerita
  • Siswa menuliskan contoh pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat.
  • Siswa menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang sesuai dengan penerapan sila pertama Pancasila.
Ayo Berlatih
  • Siswa mengamati gerakan melompat yang diperagakan oleh guru.
  • Siswa memperagakan gerakan melompat sesuai yang dicontohkan guru.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                               …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................         Guru Kelas II



...............................................                    ...............................................
NIP. .......................................                    NIP. .......................................



Evaluasi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai percakapan di atas!

1.    Apakah gotong royong diperlukan di dalam masyarakat?

TEMA 1 SUB 4 PB 2 KELAS 2

2.    Apakah terdapat kalimat penolakan pada teks percakapan di atas?


3.    Tuliskan kalimat yang menunjukkan penolakan tersebut!


4.    Tuliskan kalimat yang menunjukkan persetujuan!


 Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Tuliskanlah kembali percakapan di atas menjadi sebuah cerita!

Perhatikan hal-hal berikut, sebagai panduan menulis cerita.
1. Judul yang sesuai dengan cerita
2. Orang yang berbicara.
3. Kegiatan yang dilakukan.
4. Alasan dilakukannya kegiatan.
5. Cara melakukan kegiatan.

TEMA 1 SUB 4 PB 2 KELAS 2
 

TEMA 1 SUB 4 PB 2 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar