Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Senin, 11 Mei 2020

TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Hidup Rukun di Masyarakat / 3
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu    : 1 Hari



A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  2. Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat melatih kalimat penolakan pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan tiga buah bilangan, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan benar.
  4. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari benda alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
  5. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
  6. Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar dan teks percakapan tentang kegiatan gotong royong di lingkungan warga.
  • Siswa menunjukkan kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan.
  • Siswa menyebutkan kata penolakan yang pernah diucapkan.
  • Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut.
Ayo Bermain Peran
  • Siswa memperagakan teks percakapan tersebut dengan temannya.
Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih mengenai permasalahan sehari-hari yang dipecahkan dengan penjumlahan dan pengurangan.
  • Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa.
Ayo Berkreasi
  • Siswa menyediakan bahan dan alat yang dibutuhkan. untuk membuat karya kreasi dari biji-bijian.
  • Siswa membuat sketsa.
  • Siswa menyempurnakan sketsa menjadi gambar utuh.
  • Siswa menempel biji-bijian pada gambar tersebut sehingga menjadi hiasan yang indah.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................                 Guru Kelas II



...............................................                    ...............................................
NIP. .......................................                 NIP. .......................................



Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan berikut!

TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 2

Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan berikut


TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 2



Evaluasi

Buatlah percakapan pengalamanmu melakukan penolakan terhadap pemberian orang lain!

Kalimat penolakan biasa ditandai dengan kata “tidak”.
Selain kata tidak, dapat ditambahkan kata maaf,
terima kasih, lain kali ya, dan lain-lain.


TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 2
 

TEMA 1 SUB 4 PB 3 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar