RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Hidup Rukun di Masyarakat / 4
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Dengan diberikan gambar dan teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menemukan kalimat penolakan yang terdapat dalam teks yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menuliskan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
- Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dengan tepat.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati kembali gambar yang membuat teks percakapan penolakan.
- Siswa menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat pada gambar tersebut.
- Siswa memilih gambar yang berisi teks penolakan untuk diceritakan kembali dalam bentuk tulisan
- Siswa melanjutkan kegiatan membuat kreasi dari biji-bijian.
- Siswa memajang hiasan untuk dipamerkan di depan kelas.
- Siswa mengerjakan soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Evaluasi
Selesaikanlah soal cerita berikut ini!
1. Ibu membuat 115 kue lemper, 85 kue lapis, dan 75 kue donat.
Berapa jumlah kue seluruhnya?
2. Jumlah minuman mula-mula 336 gelas.
Berapakah sisanya jika sudah diminum 59 gelas dan 92 gelas?
3. Udin mempunyai 180 butir biji-bijian. Mutiara memberikan 125 butir lagi kepada Udin. Bijibijian tersebut digunakan untuk membuat hiasan sebanyak 148 butir. Berapa sisa bijibijian sekarang?
4. Ibu membuat 115 kue. Kue tersebut diberikan kepada bibi sebanyak 75 buah. Ibu mendapat kiriman kue dari tetangga sebanyak 50 buah.Berapa banyak kue Ibu sekarang?
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Buatlah cerita sederhana untuk gambar yang kamu pilih!
Bacakan ceritamu itu di depan kelas dengan percaya diri.
0 komentar:
Posting Komentar