Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Selasa, 12 Mei 2020

TEMA 1 SUB 4 PB 5 KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Hidup Rukun di Masyarakat / 5
Muatan Pelajaran    : PJOK, Bahasa Indonesia, PPKn
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :

  1. Dengan diberikan contoh gerakan melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  2. Dengan diberikan contoh gerakan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masayarakat, siswa dapat menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan diberikan teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
  6. Dengan diberikan cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasikan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di masyarakat dengan benar.
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gerakan-gerakan melompat di Buku Siswa.
  • Siswa mempersiapkan kegiatan berolahraga.
Ayo Membaca
  • Siswa membaca teks berjudul Olahraga Bersama.
  • Siswa mencari kalimat yang menunjukkan ajakan.
  • Siswa mencari kalimat yang menunjukkan penolakan.
Ayo Berlatih
  • Siswa membaca kembali teks berjudul Olahraga Bersama.
  • Siswa menuliskan kalimat penolakan berdasarkan teks.
Ayo Mencoba
  • Siswa menuliskan pengalamannya berolahraga bersama teman atau warga di sekitarnya.
  • Siswa menuliskan kalimat ajakan.
  • Siswa menuliskan kalimat menerima atau menolak ajakan tersebut.
Ayo Menulis
  • Guru memberi mengingatkan kembali tentang isi teks bacaan Olahraga Bersama.
  • Di dalam teks tersebut terdapat contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
  • Siswa menunjukkan bagian teks yang merupakan contoh penerapan sila ketiga Pancasila.
  • Siswa menuliskan pengalaman sila ketiga Pancasila di masyarakat.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                               …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................         Guru Kelas II



...............................................                    ...............................................
NIP. .......................................                    NIP. .......................................


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)


TEMA 1 SUB 4 PB 5 KELAS 2


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Siapa yang mengajak berolahraga pada teks di
    atas?
Jawab: ____________________________________

2. Apa maksud ajakan tersebut?
Jawab: ____________________________________

3. Siapakah yang menolak ajakan?
Jawab: ____________________________________

4. Mengapa ia menolak ajakan tersebut?
Jawab: ____________________________________

5. Tuliskan kalimat penolakan yang diucapkan!
Jawab: ____________________________________



Evaluasi

 Apakah kamu pernah berolahraga bersama warga di sekitar rumahmu?

Siapa saja yang mengikuti acara olahraga tersebut?
Apakah kamu mengajak atau diajak temanmu?

Tuliskan pengalamanmu itu!


TEMA 1 SUB 4 PB 5 KELAS 2
 

TEMA 1 SUB 4 PB 5 KELAS 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar