RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ____________________________
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Aku dan Teman Baru / 2
Muatan Pelajaran : PJOK, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
• Berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
• Bekerja sama dengan teman
b) Bahasa Indonesia
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
• Mengikuti aturan sebuah permainan.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, an orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
• Mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain
B. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
2. Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerja sama dengan teman.
3. Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.
4. Setelah bermain “Cerita Teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Pendahuluan
• Guru memberi salam kepada siswa saat akan memulai pelajaran.
• Guru melakukan apersepsi
B.Kegiatan Inti
Ayo Berlatih
• Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.
• Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.
• Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan.
Ayo Bercerita
• Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita Teman” untuk mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.
• Guru memberi contoh cara bermain “Cerita Teman” (Lihat Buku Siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.
• Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.
C.Kegiatan Penutup
• Setelah selesai, guru melakukan refleksi bersama siswa. Guru dan siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama mereka semuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal.
• Refleksi ditutup dengan doa karena kegiatan hari ini telah selesai. Guru memimpin doa. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
• Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
Mengetahui, . _______________________ , 2020
Kepala ._______________________ Guru Kelas I
._______________________ _______________________
NIP. .___________________ NIP. ._______________________
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Apakah yang sedang mereka lakukan?
........................................................................
........................................................................
Bagaimana mereka berjalan?
........................................................................
........................................................................
Evaluasi
Bermain sambil Mengenal Teman Baru
Siti bermain bersama ............... baru.
Mereka .............. “Cerita Teman”.
Mereka ikuti ....................... Siti.
Memindah ........................ berkeliling.
Saputangan berhenti pada Udin.
Udin harus mengenalkan teman di sebelahnya.
0 komentar:
Posting Komentar