Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Selasa, 24 November 2020

T4-Sub1-Pb2-Kelas1

T4-Sub1-Pb2-Kelas1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan    : ____________________________
Kelas/Semester    : 1/1
Tema 4    : Keluargaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Anggota Keluargaku / 2
Muatan Pelajaran    : PJOK, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu    : 1 Hari

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR

a) PJOK
3.1  Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1    Berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1    Mempraktikkan prosedur  gerakan berjalan satu arah secara berkelompok dengan penuh kerjasama.

b) Bahasa Indonesia
3.10  Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga  dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.10.1    Menguraikan kosakata nama ayah, ibu, kakak/adik dengan santun dan percaya diri.
4.10  Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/ bagan silsilah keluarga.
4.10.1    Memperkenalkan nama ayah, ibu, kakak/adik dengan santun dan percaya diri.

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN :

1.    Dengan mengamati contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
2.    Dengan mengamati contoh yang diberikan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah secara berkelompok dengan penuh kerjasama.
3.    Melalui kegiatan mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah siswa dapat memperkenalkan nama ayah, ibu, kakak/adik dengan santun dan percaya diri.

C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :

A. Kegiatan Pendahuluan
o    Guru dan siswa berdoa bersama yang dipimpin seorang siswa
o    Guru mengabsensi siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o    Guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
o    Siswa mengamati gambar dan teks keluarga Udin sedang Berolahraga
o    Siswa menyimak cerita guru tentang gambar dan teks tersebut.

Ayo Bercerita
o    Siswa diminta menceritakan kegiatan olahraga yang pernah dilakukan bersama orang tua.

Ayo Mencoba
o    Siswa bersama guru melakukan gerakan pemanasan.
o    Setelah itu, bagi siswa menjadi 2 kelompok besar.. masing-masing kelompok diberi nama anggota keluarga
o    Untuk menambah keceriaan, siswa bermain ‘lakukan kebalikannya’. guru memberikan instruksi ‘maju’, maka barisan siswa harus melakukan gerakan kebalikannya, yaitu ‘mundur’. Variasikan dengan berbagai instruksi, misalnya mundur, ke kanan, ke kiri, 1 langkah ke belakang, dan sebagainya.

Ayo Mencoba
o    Kegiatan dimulai dari siswa paling  depan (siswa nomor 1) akan berjalan lurus menuju garis pembatas dengan membawa tongkat. Sesampai di garis pembatas, mereka akan saling bertanya jawab tentang nama ayah, ibu, kakak, atau adik.
o    Setelah selesai, siswa nomor 1 kembali ke kelompoknya dan menyerahkan tongkat kepada siswa nomor 2. Siswa nomor 1 menuju posisi paling belakang.
o    Siswa nomor 2 melakukan tanya jawab yang sama sebagaimana dilakukan siswa nomor
o    Kegiatan diteruskan sampai semua siswa saling bertanya jawab tentang nama ayah, ibu, kakak, atau adik.

Ayo Berlatih
o    Siswa berlatih menuliskan nama diri, nama ayah, dan nama ibu
C.Kegiatan   Penutup

C.    PENILAIAN:

Penilaian dilakukan melalui pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik



Mengetahui,                 .                                               _______________________ , 2020
Kepala ._______________________                         Guru Kelas I



._______________________                                      _______________________
NIP. .___________________                                      NIP. ._______________________

 

Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

T4-Sub1-Pb2-Kelas1


Sambil berolahraga,
tanyakan nama anggota keluarga temanmu.
Tanyakan nama ayahnya.
Tanyakan juga nama ibunya.
Jika temanmu memiliki kakak atau adik,
tanyakan namanya.
Ucapkan terima kasih.
Tuliskan nama keluargamu.
Namaku ....
Nama ayahku ....
Nama ibuku ....

T4-Sub1-Pb2-Kelas1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar