Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Rabu, 25 November 2020

T4-sub1-pb3-kelas1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan    : _____________________
Kelas/Semester    : 1/1
Tema 4    : Keluargaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Anggota Keluargaku / 3
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn
Alokasi Waktu    : 1 Hari

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR

a) Bahasa Indonesia
3.9    Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9.1    Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
4.9    Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
4.9.1    Menggunakan kosakata dan ungkapan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.

b) Matematika
3.6    Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
3.6.1    Membedakan bentuk bangun datar dan bukan bangun datar dengan teliti.
4.6    Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret.
4.6.1    Menyebutkan benda-benda konkrit yang memiliki unsur segi empat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.

c) PPKn
3.1    Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan simbol sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
4.1    Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila
4.1.1 Mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN :

1.    Dengan menyimak penjelasan guru dan mengamati foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.
2.    Dengan mengamati gambar berbentuk bangun datar, siswa dapat menjiplak bangun datar berbentuk segi empat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
3.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat membedakan bentuk bangun datar dan bukan bangun datar dengan teliti.
4.    Dengan mengamati benda-benda di sekitar lingkungan kelas, siswa dapat menyebutkan benda-benda konkrit yang memiliki unsur segi empat, segitiga dan lingkaran dengan tepat.
5.    Dengan mengamati simbol-simbol sila Pancasila dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan simbol sila pertama dalam Pancasila dengan percaya diri.
6.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan cara berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :

A. Kegiatan Pendahuluan
o    Guru dan siswa berdoa bersama yang dipimpin seorang siswa
o    Guru mengabsensi siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o    Guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
B.Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
o    Siswa mengamati dan bertanya jawab tentang foto Udin yang telah dipelajari pada pembelajaran 1. Siswa menuliskan nama-nama anggota keluarga Udin pada tempat yang disediakan.

Ayo Berkreasi
o    Siswa menyiapkan foto keluarga masing-masing.
o    Setelah menuliskan data keluarga, siswa menghias dengan menggunakan pensil warna/krayon.
o    Siswa saling menunjukkan hasil karyanya kepada siswa lain.
o    Perwakilan siswa memperkenalkan anggota keluarganya dengan membacakan tulisan yang telah dibuat dengan kosakata yang tepat.

Ayo Mengamati
o    Siswa mengamati gambar-gambar peralatan yang dibagian pinggirnya ditebalkan sehingga membentuk bangun datar (gambar foto keluarga udin, jam dinding, buku, rautan dan penggaris segitiga).
o    Siswa menebalkan garis putus-putus pada gambar tersebut sehingga membentuk bangun datar.

Ayo Berlatih
o    Siswa menentukan bentuk yang termasuk bangun datar dengan memberikan tanda (v) dan yang bukan bangun datar dengan tanda (X).

Ayo Mengamati
o    Siswa mengamati gambar (pintu, jendela, hiasan dinding berbentuk segitiga, lingkaran) dan melengkapi jenis bangun datar yang bias ditemukan.
o    Siswa mengamati simbol-simbol sila dalam Pancasila.
o    Siswa menjelaskan simbol sila pertama Pancasila.

Ayo Mencoba
o    Siswa bertanya jawab tentang contoh lain dari pengamalan sila pertama Pancasila.
C.Kegiatan   Penutup
o    Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran .
o    Siswa menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari.
o    Refleksi di tutup dengan doa bersama

D.    PENILAIAN:

Penilaian dilakukan melalui pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik

Mengetahui,                 .                           _______________________ , 2020
Kepala ._______________________                         Guru Kelas I



._______________________                                _______________________
NIP. .___________________                               NIP. ._______________________


Lembar Kerja Peserta Didik

(LKPD)


Amati gambar di bawah ini.
Berilah tanda centang (√) pada gambar berbentuk segi empat.


Berilah tanda silang (×) pada gambar bukan segi empat.
Berilah tanda centang (√) pada gambar berbentuk segitiga. Berilah tanda silang (×) pada gambar bukan segitiga.


Perhatikan juga gambar di bawah ini.
Berilah tanda centang () pada gambar berbentuk lingkaran.
Berilah tanda silang (×) pada gambar bukan lingkaran.

 



Evaluasi

T4-sub1-pb3-kelas1

Amatilah simbol-simbol sila dalam Pancasila.
......................................................................................
......................................................................................

Adakah yang berbentuk segi empat?
......................................................................................
......................................................................................

Adakah yang berbentuk segitiga?
......................................................................................
......................................................................................

Adakah yang berbentuk lingkaran?
......................................................................................
......................................................................................

Amatilah simbol sila pertama.
......................................................................................
......................................................................................

Apakah nama simbolnya?
......................................................................................
......................................................................................


 

T4-sub1-pb3-kelas1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar