Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Jumat, 04 Desember 2020

Tema4-sub1-pb4-kelas1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan    : _______________________
Kelas/Semester    : 1/1
Tema 4    : Keluargaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Anggota Keluargaku / 4
Muatan Pelajaran    : SBdP, PJOK, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu    : 1 Hari

A.    KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR

a) SBdP
3.2    Memahami elemen music melalui lagu
3.2.1 Memahami lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri
4.2    Menirukan elemen music melalui lagu
4.2.1 Menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.

b) PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1    Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1    Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan percaya diri.

c) Bahasa Indonesia
3.10  Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.10.1    Menggunakan kosakata pengalaman berolahraga bersama keluarga
4.10  Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/ bagan silsilah keluarga
4.10.1    Menceritakan pengalaman berolahraga bersama keluarga

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN :

1.    Dengan menyimak contoh yang diberikan guru, siswa dapat menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan memperhatikan tinggi rendah suara dengan penuh percaya diri.
2.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan tepat.
3.    Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah dengan percaya diri.
4.    Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolahraga bersama keluarga.

C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :

A. Kegiatan Pendahuluan
o    Guru dan siswa berdoa bersama yang dipimpin seorang siswa
o    Guru mengabsensi siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
o    Guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.Kegiatan Inti
Ayo Membaca
o    Siswa menyimak informasi Guru bahwa  orangtua kita memiliki pekerjaan yang beragam.

Ayo Bernyanyi
o    Siswa berlatih lagu Garuda Pancasila. Siswa mengikuti. Guru mencontohkan dengan tinggi rendah suara yang tepat.
o    Siswa menyimak informasi bahwa sekolah mengundang Ayah Beni untuk melatih senam irama.

Ayo Mencoba
o    Siswa ke luar kelas untuk melakukan gerakan pemanasan dan gerakan senam.
o    Siswa melakukan gerakan satu arah.
o    Siswa secara bergantian berjalan dari titik a ke titik b dan kembali ke titik a.

C.Kegiatan   Penutup
o    Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran .
o    Siswa menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari.
o    Refleksi di tutup dengan doa bersama

D.    PENILAIAN (ASESMEN) :

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.


Mengetahui,                 .                           _______________________ , 2020
Kepala ._______________________                         Guru Kelas I



._______________________                                _______________________
NIP. .___________________                               NIP. ._______________________


Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)



Apakah kegiatan olahraga keluargamu di rumah?
Tuliskanlah kegiatan olahraga bersama keluarga.


Tema4-sub1-pb4-kelas1

Tema4-sub1-pb4-kelas1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar