Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Senin, 10 Juli 2023

In House Training (IHT) SD Negeri 3 Beureunuen

In House Training (IHT) SD Negeri 3 Beureunuen

In House Training atau yang sering disingkat menjadi IHT, adalah istilah pelatihan eksklusif atau pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik atau tenaga kependidikan dalam rangka implementasi kurikulum merdeka pada instansi dimana trainer atau pelatih datang langsung ke lokasi.

Kegiatan pelatihan ini sangat di perlukan oleh pendidik atau tenaga kependidikan sebagai upaya untuk menjaga kualitas tenaga kependidikan pada penerapan kurikulum merdeka selain itu, selain itu IHT juga bermanfaat untuk mengetahui segala kelebihan dan kekurangan di lapangan saat berlangsungnya proses implementasi kurikulum merdeka. 

Banyak daerah di Indonesia sebelumnya telah menerapkan kurikulum Merdeka sebagai bentuk upaya sekolah mendukung program penerapan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka dari kurikulum 2013. 

Di Kabupaten Pidie, Khususnya SD Negeri 3 Beureunuen penerapan kurikulum Merdeka pada semua sekolah akan mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2023-2024 ini. Sehingga sosialisasi dan berbagai pelatihanpun mulai dilakukan untuk sebagai upaya untuk kelancaran implementasi kurikulum Merdeka di SD Negeri 3 Beureunuen.

In House Training (IHT) SD Negeri 3 Beureunuen


Salah satu bentuk pelatihan guru berhubungan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka adalah Kegiatan In House Training (IHT), sehingga pada hari kamis, Kepala Sekolah Bersama Pengawas Sekolah SD Negeri 3 Beureunuen melakukan pembukaaan sebagai tanda di mulainya pelatihan IHT bagi guru – guru yang bertugas di SD Negeri 3 Beureunuen. Upaya ini di sambut antusias oleh guru-guru sebagai bentuk keseriusan dan dukungan guru-guru SD Negeri 3 Beureunuen demi kesuksesan Implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2023-2024. 

Sebagai salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Pidie. Kegiatan ini di ikuti oleh 27 orang guru atau tenaga kependidikan bertempat di ruang kelas SD Negeri 3 Beureunuen. Menurut rencana kegiatan IHT ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Juli 2013 mendatang.  

Kegiatan IHT ini dibuka oleh pengawas sekolah Koordinator wilayah V Mutiara Ibu Marlina, S.Pd., M.Pd, Bersama kepala Sekolah Bapak Murdani, S.Pd., M.Pd dan 2 orang guru Internal house training berasal dari sekolah penggerak. 

Dalam arahannya, ibu Marlina menghimbau kepada peserta supaya serius mengikuti kegiatan IHT ini, karena akan diterapkan pada tahun pelajaran 2022-2024 mendatang.

Menurut ibu Ibu Marlina, pada tahun pelajaran 2023-2024 mendatang kurikulum merdeka semetara di fokuskan penerapannya hanya pada kelas 1 dan kelas 4 saja. Kemudian dilanjutkan lagi pada kelas – kelas yang lain pada tahun pelajaran berikutnya.

Kegiatan IHT ini berisi pelatihan Langkah-langkah penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka meliputi, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) hingga penyusunan modul ajar.

Perubahan Kurikulum 13 menjadi Kurikulum merdeka memang cukup fundamental tidak hanya pada masalah struktur dan tujuan, namun berdampak besar pada bagian - bagian lain misalnya banyak terjadi perubahan istilah, perubahan- perubahan istilah itu meliputi ; Promes menjadi Prosem, Silabus menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Kompetensi Inti (KI) menjadi Capaian Pembelajaran (CP), Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) menjadi Modul Ajar, KKM menjadi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), Penilaian Harian (PH) menjadi Sumatif, penilaian Tengah semester (PTS) menjadi Sumatif Akhir Semester (SAS), Penilaian Perserta didik, UN dan UNBK menjadi Asesmen Nasional kemudian perubahan juga pada buku paket dan modul Belajar.


In House Training (IHT) SD Negeri 3 Beureunuen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar