RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Ciri- Ciri Makhluk Hidup/ 1
Muatan Pelajaran : SBdP, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana denganpercaya diri.
- Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudahdibuat dengan percaya diri.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhlukhidup dengan tepat.
- Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-cirimakhluk hidup dengan tepat.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dansatuan) dengan benar.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Bernyanyi
- Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu “Cicak di Dinding”.
- Siswa berlatih menyanyi secara bergantian.
- Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.
- Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibuat dengan suara ta (pendek) dan taaa (suara panjang).
- Siswa mengamati gambar.
- Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.
- Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar.
- Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan.
- Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Evaluasi
Isilah titik-titik di bawah ini dengan bilangan yang benar.
1) 1.000, 2.000, 3.000, ... , 5.000
2) 1.500, 2.500, ... , 4.500, ...
3) 2.000, 4.000, ... , ... , 10.000
Perhatikan bilangan-bilangan berikut. Susunlah
bilangan berikut dari bilangan terkecil sampai
terbesar.
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Tuliskan ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup yang
kamu ketahui
0 komentar:
Posting Komentar