Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Rabu, 13 Mei 2020

TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Ciri- Ciri Makhluk Hidup / 2
Muatan Pelajaran    : PJOK, Bahasa Indonesia, PPKn
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  1. Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, siswa dapat menemukan kata/ istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
  4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
  5. Setelah melakukan permainan, siswa dapat berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar.
  6. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
  7. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila dengan benar.
  8. Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
  9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar..
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa membaca teks untuk mengetahui berbagai cara makhluk hidup bergerak.
  • Siswa mengamati ciri kedua makhluk hidup yaitu bernapas.
Ayo Berdiskusi
  • Siswa mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yaitu tumbuh
Ayo Menulis
  • Setelah berdiskusi dan menjawab beberapa pertanyaan.
  • Siswa berlatih menulis kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada buku..
Ayo Mencoba
  • Siswa mempraktikkan berbagai cara berjalan dan berlari di lapangan.
Ayo Berdiskusi
  • Siswa berdiskusi tentang cara supaya dapat melakukan gerakan kombinasi antara berjalan dan berlari dengan cepat.
Ayo Berlatih
  • Setelah berdiskusi, siswa membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.
  • Siswa menuliskan cara-cara bersyukur terutama berkaitan dengan karunia keragaman makhluk hidup.
Ayo Bercerita
  • Siswa menentukan salah satu sikap bersyukur yang pernah dilakukannya.
  • Siswa menceritakan hasil tulisan di depan teman-teman
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                            …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................      Guru Kelas II



...............................................                 ...............................................
NIP. .......................................                 NIP. .......................................



Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata berikut!

TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 3
1. .................................................................................
2. .................................................................................
3. .................................................................................
4. .................................................................................
5. .................................................................................



Evaluasi

TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 3


Makhluk hidup dapat bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang.

Carilah informasi pada buku atau diskusikan dengan gurumu!


Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?
......................................................................................
......................................................................................

Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!
......................................................................................
......................................................................................


TEMA 1 SUB 1 PB 2 KELAS 3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar