RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Ciri- Ciri Makhluk Hidup / 2
Muatan Pelajaran : PJOK, Bahasa Indonesia, PPKn
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, siswa dapat menemukan kata/ istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
- Setelah melakukan permainan, siswa dapat berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila dengan benar.
- Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar..
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa membaca teks untuk mengetahui berbagai cara makhluk hidup bergerak.
- Siswa mengamati ciri kedua makhluk hidup yaitu bernapas.
- Siswa mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yaitu tumbuh
- Setelah berdiskusi dan menjawab beberapa pertanyaan.
- Siswa berlatih menulis kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada buku..
- Siswa mempraktikkan berbagai cara berjalan dan berlari di lapangan.
- Siswa berdiskusi tentang cara supaya dapat melakukan gerakan kombinasi antara berjalan dan berlari dengan cepat.
- Setelah berdiskusi, siswa membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.
- Siswa menuliskan cara-cara bersyukur terutama berkaitan dengan karunia keragaman makhluk hidup.
- Siswa menentukan salah satu sikap bersyukur yang pernah dilakukannya.
- Siswa menceritakan hasil tulisan di depan teman-teman
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata berikut!
1. .................................................................................
2. .................................................................................
3. .................................................................................
4. .................................................................................
5. .................................................................................
Evaluasi
Makhluk hidup dapat bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang.
Carilah informasi pada buku atau diskusikan dengan gurumu!
Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?
......................................................................................
......................................................................................
Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!
......................................................................................
......................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar