Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Jumat, 15 Mei 2020

TEMA 1 SUB 1 PB 3 KELAS 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : SD ................................................
Kelas/Semester    : 2/1
Tema 1    : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran    : Ciri- Ciri Makhluk Hidup / 3
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu    : 1 Hari


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
  • Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  • Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  • Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
  • Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
  • Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan  yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  • Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.
  • Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri..
B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
  • Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
  • Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar yang ada pada buku.
  • Siswa mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
Ayo Berlatih
  • Siswa mengamati gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur, serta anak ayam.
  • Siswa berlatih menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan menuliskan.
Ayo Bernyanyi
  • Siswa berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.
  • Siswa secara bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman.
Ayo Mencoba
  • Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam.
  • Siswa berlatih membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.
Ayo Berlatih
  • Siswa diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang bilangannya.
  • Siswa mengamati contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.
  • Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan.
Kegiatan   Penutup
  • Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
  • Melakukan penilaian hasil belajar
  • Melakukan repleksi
  • Menyampaikan pesan moral/belajar.
  • Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
C.    PENILAIAN (ASESMEN) :
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.



Mengetahui,                                               …………….., …, …………..,  20…
Kepala SD ........................................         Guru Kelas II



...............................................                    ...............................................
NIP. .......................................                    NIP. .......................................



Evaluasi

TEMA 1 SUB 1 PB 3 KELAS 3

Apakah persamaan dari kedua gambar tersebut?

Tuliskan hasil pengamatanmu pada tempat yang tersedia!
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Ceritakan juga gambar tersebut berdasarkan ciriciri makhluk hidup yang telah kamu ketahui.
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................



Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)

Masih ingatkah kalian dengan cara membaca nama
dan lambang bilangan?

Pasangkan nama dan lambang bilangan dengan cara menghubungkan titik dengan garis!


TEMA 1 SUB 1 PB 3 KELAS 3
 






TEMA 1 SUB 1 PB 3 KELAS 3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar