RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ................................................
Kelas/Semester : 2/1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1/ Pembelajaran : Ciri- Ciri Makhluk Hidup / 3
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
- Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri..
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa
- Melakukan komunikasi terntang kehadiran siswa
- Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
Ayo Mengamati
- Siswa mengamati gambar yang ada pada buku.
- Siswa mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
- Siswa mengamati gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur, serta anak ayam.
- Siswa berlatih menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan menuliskan.
- Siswa berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.
- Siswa secara bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman.
- Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam.
- Siswa berlatih membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.
- Siswa diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang bilangannya.
- Siswa mengamati contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.
- Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan.
- Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan repleksi
- Menyampaikan pesan moral/belajar.
- Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
- Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja ataau hasil karya/projek dengan rubrik.
Mengetahui, …………….., …, ………….., 20…
Kepala SD ........................................ Guru Kelas II
............................................... ...............................................
NIP. ....................................... NIP. .......................................
Evaluasi
Tuliskan hasil pengamatanmu pada tempat yang tersedia!
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
Ceritakan juga gambar tersebut berdasarkan ciriciri makhluk hidup yang telah kamu ketahui.
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
Masih ingatkah kalian dengan cara membaca nama
dan lambang bilangan?
Pasangkan nama dan lambang bilangan dengan cara menghubungkan titik dengan garis!
0 komentar:
Posting Komentar