Informasi tentang Merdeka Belajar, Program pelatihan Guru, dan Perkembangan dunia pendidikan

Rabu, 09 Desember 2020

Tema 4 Sub 2 Pb 1 Kelas 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan : ____________________________

Kelas/Semester : 1/1

Tema 4 : Keluargaku

Sub Tema 2/ Pembelajaran : Kegiatan Keluargaku/ 1

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP

Alokasi Waktu : 1 Hari



A. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR

a) Bahasa Indonesia

3.8  Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.8.1 Menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

4.8  Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis..

4.8.1 Menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.


b) PPKn

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.

3.2.1 Menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah berupa aturan makan dengan tepat.

4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

4.2.1 Mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun.


c) SBdP

3.3. Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari. 

3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan tepat.

4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari..

4.3.1 Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan percaya diri.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN :

  1. Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
  2. Dengan menyusun percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
  3. Dengan pembuatan poster, siswa mampu menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah berupa aturan makan dengan tepat.
  4. Dengan menyimak contoh yang diperagakan guru, siswa dapat mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun.
  5. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan tepat.
  6. Melalui praktik langsung, siswa mampu memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan percaya diri.

C. KEGIATAN PEMBELAJARAN :

A. Kegiatan Pendahuluan 

  • Guru dan siswa berdoa bersama yang dipimpin seorang siswa 
  • Guru mengabsensi siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
  • Guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.Kegiatan Inti

Ayo Membaca 

  • Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan dalam keluarga. 
  • Bersama-sama membaca teks Makan Pagi Bersama Keluarga. 

Ayo Menulis 

  • Siswa menuliskan kegiatan Makan Pagi Bersama Keluarga dengan melengkapi bagian kalimat yang kosong.

Ayo Membaca 

  • Siswa membaca teks Aturan Makan.
  • Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan teks tersebut.

Ayo Berkreasi 

  • Siswa dalam setiap kelompok untuk menggali informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu orang tua di rumah, misalnya peraturan pada saat makan.
  • Siswa menuliskan peraturan tersebut dalam kolom yang tersedia dan dihias dengan krayon/pensil warna, gambar dari koran/ majalah bekas (jika ada).

Ayo Mengamati 

  • Siswa mengamati percakapan antara Ibu dan Siti tentang merapikan meja makan.

Ayo Bermain Peran 

  • Dengan berpasangan, siswa membuat contoh percakapan kegiatan membantu orang tua dengan menggunakan kata tolong dan terima kasih.
  • Perwakilan siswa memeragakan percakapan tersebut di depan kelas.

Ayo Berlatih 

  • Siswa melengkapi percakapan antara Siti dan ibu, serta Siti dan ayah.

Ayo Membaca 

  • Siswa menceritakan bahwa setelah Siti membantu Ibu dan Ayah, Siti bersiap untuk pergi ke sekolah.
  • Siswa bertanya jawab tentang aturan sebelum berangkat ke sekolah. 

Ayo Bermain Peran 

  • Siswa dibagi dalam 2 kelompok besar. Kelompok  mensimulasikan berpamitan berangkat ke sekolah dan mencium tangan orang tua.
  • Kelompok 2, mensimulasikan tata cara pulang dari sekolah ke rumah dan mencium tangan orang tua.
  • Siswa berperan sebagai anak. Siswa mengungkapkan perasaannya

Ayo Membaca 

  • Siswa bersama guru membaca dengan nyaring teks Rekreasi Bersama Keluarga.
  • Siswa menggambarkan suasana pedesaan. 
  • Siswa mengeksplorasi tentang ayam, misalnya bentuk fisik, suara, dan gerakannya.

Ayo Mencoba 

  • Siswa mendiskusikan gerak menirukan ayam dalam bentuk tarian.
  • Setiap kelompok menampilkan tarian masing-masing. Siswa menyimak penguatan yang disampaikan guru dengan mencontohkan gerakan ayam, yaitu mengepakkan sayap, mendongakkan kepala sambil berkokok, berlari sambil mengepakkan sayap.

C. Kegiatan   Penutup

  • Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran .
  • Siswa menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari.
  • Refleksi di tutup dengan doa bersama

D. PENILAIAN:

Penilaian dilakukan melalui pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik




Mengetahui,                 .                           _______________________ , 2020

Kepala ._______________________                         Guru Kelas I


._______________________                                _______________________

NIP. .___________________                               NIP. ._______________________




Lembar Kerja Peserta Didik

(LKPD)


Isilah titik-titik dengan kata tolong atau terima kasih.

Pilih kata yang tepat.

Tema 4 Sub 2 Pb 1 Kelas 1




Evaluasi



Buatlah percakapan kegiatan membantu orang tua di rumah.

Diskusikan dengan temanmu.

Gunakan kata tolong dan terima kasih.


Isilah titik-titik di bawah ini.

Aku : ____________________

Ayah : ____________________

Aku : ____________________

Ayah : ____________________


Peragakan percakapan di depan kelas bersama temanmu.


Tema 4 Sub 2 Pb 1 Kelas 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TABINA GURU

0 komentar:

Posting Komentar